Header

Simpulan Cerita Kitab-Kitab Sejarah dan Pelajaran Rohaninya || Anak Muda Bangkit


CERITA SINGKAT

anakmudabangkit911@gmail.com

 


1.      KITAB YOSUA

Kitab Yosua Mereupakan lanjutan dari kitab pentateukh yang membahasa kisah dari bangsa Israel setelah keluar dari Mesir. Kitab Yosua mencatat peristiwa sejarah selama Yosua sebagai pemimpin Bangsa Israel. Kitab Yosua menceritakan mengenai persiapan bangsa Israel dalam memasuki Tanah Perjanjian “Kanaan”. Bangsa Israel setelah keluar dari Tanah perbudakan yaitu tanah Mesir yang dipimpinan oleh Musa lalu dilanjutkan atau diestafetkan kepada Yosua agar Yosua dan bangsa Israel dapat menaklukkan serta menduduki Tanah Perjanjian (Tanah Kanaan) yang dijanjikan Tuhan kepada nenek moyang bangsa Israel.

Pelajaran Rohaninya, harus Taat kepada printah yang Tuhan berikan kepada kita, seperti yang Yosua lakukan yaitu taat. Baik kepada Tuhan maupun pemimpin.

2.      KITAB HAKIM-HAKIM

            Keadaan bangsa Israel sesudah Yosua meninggal yaitu bangsa ini selalu mendurhakai dan menghianati imanannya. Mereka melakukan apa yang benar menurut pandangannnya. Hal tersebut dapat terjadi dari praktika keagamaan yang dilakukan oleh mereka yang semakin sesat dan menjauh dari Allah. pemberontakan yang mereka lakukan bukan membawa kebahagiaan. Bangsa Israel terus-menerus diberikan oleh Tuhan hajaran dari apa yang mereka telah buat. Tuhan memberi hakim agar mereka tidak melakukan apa yang mereka kehendaki sendiri.

              Pelajaran Rohaninya, Ada dan tidak ada pemimpin saya mau belajar melakukan apa yang Tuhan perintahkan.

3.      KITAB RUT

             Kitab ini dimulai dari negara berhala yang bernama Moab, daerah yang terletak di timur laut mati. Lalu dilanjutkan di kota Betlehem. Kisah ini terjadi di kala jatuhnya dan pembangkangan Israel, di masa para hakim-hakim. Kitab ini di tuliskan kepada bangsa Israel. Kitab ini mengisahkan Tokoh yang bernama Rut yang begitu setia kepada mertuannya, Rut membuktikan kasihnya dengan sebuah pengorbanan, karena kesetiaan Rut ia mendapatkan kebaikan dari Allah. Allah memberikan berkat kepada orang-orang yang hidup dalam ketaatan dan kerendahan hati.

                 Pelajaran Rohaninya, Kesetiaan orang percaya selalu diperhitungkan dihadapan Tuhan.

4.      KITAB 1 SAMUEL

                     Setelah kekalahan Filistin oleh bangsa Israel, Eli yang telah memimpin Isarel sebagai imam dan hakim, mendadak meninggal pada saat mendengar hukum Allah yang menimpa anak-anaknya dan dirampasnya Tabut Perjanjian. Samuel, yanag telah dikenal oleh seluruh bangsa Israel dan sampai Bersyeba telah dipercayakan jabatan nabi Tuhan dan ia menjadi hakim Israel terkemuka. Samuel merupakan hakim yang terakhir, dan ia juga yang mentahbiskan kedua raja Israel, yaitu saul dan Daud.

               Pelajaran Rohaninya, perbedaan Saul dengan Daud, Daud berbalik dan Saul tidak. Setiap pelanggaran yang kita lakukan, maka kita harus berbalik kepada Tuhan.

5.      KITAB 2 SAMUEL

       Kitab ini menceritakan pergantian kerajaan, Daud adalah orang yang menggantikan kepemerintahan Saul saat ia mati. Dan pemakaian Tuhan sungguh luar biasa. Tetapi ditengah cerita, Daud melakukan kekejian dimata Tuhan, ia mengambil istri Uria dan membunuh Uria lalu mengambilnya menjadi istri. Sungguh ini kehinaan bagi Allah. Tetapi ketika Natan tegur, Daud mengakui kesalahannya.

               Pelajaran Rohaninya, saya mau mengakui kesalahan saya dihadapan Tuhan.

6.      KITAB 1 RAJA-RAJA

            Kitab ini merupakan kelanjutan dari 1dan 2 Samuel, diawali dengan pengangkatan Salomo menjadi raja yang mengantikan ayahnya yaitu daud ketika wafat. Kitab ini menceritakan suatu kerajaan yang begitu bersatu. Namun kitab ini diakhiri suatu perpecahan atau runtuhnya kerajaan ini yang mengakibatkan terpecahnya dua kerajaan yakni Israel dan Yehuda.

                Pelajaran Rohaninya, Hati-hati dengan Cinta, karena Salomo jatuh karena cinta.

7.      KITAB 2 RAJA-RAJA

            Kisah ini menggambarkan terpecahnya kedua kerajaan itu. mengenai para raja dari sebuah kerajaan yang terpecah akibat dosa yang mereka lakukan. Kitab ini begitu jelas menceritakan kekalahan dan pengasingan bangsa Israel dan Yudea ke Babel dan Asyur.

                 Pelajaran Rohani, Allah tidak menyukai dosa, maka kita  jauh-jauh dengan perbuatan dosa.

8.      KITAB 1 TAWARIKH

            Kitab ini menfokuskan kepada imam beserta pengaruh mereka. Juga menceritakan beberapa daftar dan garis keturunan lainnya. serta menceritakan juga mengenai proses ketika Daud menjadi raja dan perbuatan yang ia lakukan ketika menjadi Raja.

                Pelajaran Rohaninya, Setiap pemimpin yang ada pasti itu Tuhan yang tetapkan untuk kita.

9.      KITAB 2 TAWARIKH

            Kitab ini menceritakan lanjutan dari kitab 1 Tawarikh. Kitab Tawarikh merupakan kitab yang menceritakan  ulang kitab sejarah. Namun ada beberapa bagian yang tidak ada di kitab-kitab Sejarah lain yang tertulis dikitab ini.

             Pelajaran Rohaninya, Tuhan menepati janji-janjinya. (jangan takut)

10.  KITAB EZRA

           Menceritakan peristiwa yang dialami bangsa Israel setelah kembalinya bangsa Israel dari tawanan kerajaan Babel. Namuan Penekanan dari kitab ini mengenai pembangunan Bait Suci. Tokoh yang muncul di bagian pertama kitab ini telah meninggal di saat Ezra memulai pelayanannya di Yerusalem.

            Pelajaran Rohaninya, Tuhan mengizinkan masalah terjadi tetapi Tuhan juga memberi jawaban dari masalah itu.

11.  KITAB NEHEMIA

            Kitab ini menceritakan tentang kembalinnya atau pulangnnya bangsa Israel dari Babel dan pembangunan kembali bait suci Yerusalem. Ketika  ia mendengar kabar bahwa pembangunan Bait Allah di Yerusalam akan dilakukan, ia penuh dengan khawatir karena tidak adanya tembok yang melindungi kota tersebut. Nehemia terus berdoa kepada Tuhan agar Tuhan melindungi Yerusalam dari mara bahaya

Pelajaran Rohaninya, Jadilah pemimpin yang baik yang memiliki rasa takut terhadap Allah.

12.  KITAB ESTER

            Kitab ini menceritakan kasih Allah yang selalu melengkapi kebutuhan bangsa, menetapkan hari Raya Purim sebagai suatu peringatan karena keselamatan bangsa Israel yang diberikan Allah melalui seorang perempuan yang bernama Ester. Ayat kunci Ester 2:15. Kitab Ester dapat dibagi menjadi tiga bagian. Pasal 1:1-2:18 Ester menggantikan Ratu Wasti; 2:19-7:10 Mordekhai mengalahkan Haman 8:1-10:3 Israel selamat dari upaya pemberantasan Haman.

Pelajaran Rohaninya, Tuhan memakai siapa saja untuk mendatangkan berkat bagi setiap orang.

Post a Comment

0 Comments