Header

Tuhan ada di setiap musim hudup - Renungan Yohanes 20-21

Shalom teman-teman, Bersyukur hari ini kita masih ada, semua karena kasih dan kemurahan Tuhan saja. 

Buah-buahan memiliki musim pada waktunya. Sama halnya di dalam kehidupan orang Kristen. Kita memiliki musim-musim kehidupan. Untuk itu saya memberikan judul renungan saya hari ini "Tuhan Ada Di Setiap Musim Hidup"

Musim apa saja yang dialami oleh orang percaya?

1. Musim "Kesedihan"

Siapa yang tdk pernah merasakan sedih? Saya yakin, semua orang pasti pernah mengalami kesedihan. Mungkin ada diantara kita juga sedang mengalaminya.

Yohanes 20:11 (TB) Tetapi Maria berdiri dekat kubur itu dan menangis. Sambil menangis ia menjenguk ke dalam kubur itu, 

Maria Magdalena pernah mengalami ke kesedihan yang bertubi-tubi. Pertama, dia harus melihat Yesus yang tdk berdosa disalibkan. Kedua, 3 setelah kematiannya mayat Yesus tdk ada di kubur. Maria berpikir bahwa mayat Yesus di curi, sehingga Maria sedih dan menangis.

Saudara mungkin pernah merasakan kesedihan. Merasa sedih karena kehilangan, karena disakiti, masalah tdk selesai-selesai dan lain hal.

Tapi izinkan saya mengingatkan kepada kita semua, ketika Maria Magdalena sedih.

Tuhan hadir di sana. 

Yohanes 20:14 (TB) Sesudah berkata demikian ia menoleh ke belakang dan melihat Yesus berdiri di situ, tetapi ia tidak tahu, bahwa itu adalah Yesus.

Tuhan yg hadir ketika Maria sedih, Tuhan yg sama yg hadir pada saat kita sedih.

2. Musim "Ketakutan"

Pada saat kematian Yesus tiba, murid-murid menjadi takut. Kenapa? Karna tdk ada lagi sosok guru. Mereka takut dijebak lewat pertanyaan-pertanyaan orang Yahudi, mereka takut dihukum, bahkan mereka takut hal yg sama menimpa hidup mereka (kematian)

Dalam PL, raja Yosafat pun pernah mengalami ketakutan. Padahal dia bukan raja penakut, dia orang yg takut Tuhan, orang baik, bahkan pasukan perang juga. Yosafat itu realistis, dia tau bahwa pasukannya tdk akan bisa mengalahkan 3 gabungan laskar besar (Bani Amon, moab, meunim). Kalo bapa ibu punya hutang 20jt, dan di ATM ada 200jt, pasti kita santai dan tenang wkt hutang ditagih. Tapi sebaliknya kalo punya uang di ATM 20jt dan hutang 200jt, penagihan hutang datang. Pasti ketakutan itu muncul. Sama halnya Yosafat, dia takut karna pasukan mereka pasti kalah. 

Tapi yang memberkati hidup saya wkt dia takut. Apa yg dilakukan?

2 Tawarikh 20:3 (TB) Yosafat menjadi takut, lalu mengambil keputusan untuk mencari TUHAN. Ia menyerukan kepada seluruh Yehuda supaya berpuasa. 

Keputusan yang tepat yang diambil yaitu, mencari Tuhan. Siapa yg kita cari wkt kita takut? Tp saya ingatkan bahwa carilah Tuhan. 

Mengapa? Karna Tuhan hadir saat kita mengalami ketakutan.

Yohanes 20:19 (TB) Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"

Tuhan yang hadir ditengah-tengah murid, Tuhan yang sama juga yang hadir di hidup saudara dan saya wkt kita mengalami ketakutan.

3. Musim "ketidakpercayaan"

Pernah ada diposisi ragu-ragu? Atau tdk percaya kepada Tuhan? 

Hal ini pernah dialami oleh Thomas, salah seorang murid Tuhan. Thomas tdk percaya akan kebangkitan-Nya. Mengapa?

Yohanes 20:24 (TB) Tetapi Tomas, seorang dari kedua belas murid itu, yang disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ.

Karna Thomas pada saat murid-murid berkumpul bersama, Thomas tdk ada disana. Sering kali yg membuat kita tdk percaya atau ragu kepada Tuhan yaitu kita menjauh dari persekutuan yang ada. 

Karna orang yg semakin jauh dengan Tuhan, dia akan semakin dekat dengan dosa dan orang yg semakin dekat dengan Tuhan maka akan semakin jauh dengan dosa.

Koreksi diri kita ketika keraguan mulai muncul dalam hidup, apakah persekutuan kita dengan Tuhan itu baik baik saja?

Wkt Thomas ikut berkumpul bersama-sama dgn murid yg lain. Apa yg terjadi?

Yohanes 20:26 (TB) Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"

Tuhan hadir disana!

Saudara semua, izinkan saya mengingatkan kepada kita semua bahwa Tuhan hadir pada saat keraguan itu muncul, Tuhan hadir pada saat kita tdk percaya kepada-Nya. 

4. Musim "Kekurangan Ekonomi"

Setelah kematian Yesus, Murid-murid Tuhan Yesus kembali ke pekerjaan sebelumnya, yakni nelayan. Ekonomi mereka terdampak karna mereka tdk lagi hidup dari pelayanan. 

Yohanes 21:4 (TB) Ketika hari mulai siang, Yesus berdiri di pantai; akan tetapi murid-murid itu tidak tahu, bahwa itu adalah Yesus.

Yohanes 21:5 (TB) Kata Yesus kepada mereka: "Hai anak-anak, adakah kamu mempunyai lauk-pauk?" Jawab mereka: "Tidak ada." 

Mereka mencari ikan supaya bisa makan dan menghidupkan keluarganya. 

Yang keren lagi, ketika mereka tdk punya apa-apa. Tuhan Memberi apa yg mereka tidak pikirkan sebelumnya. 

Yohanes 21:6 (TB) Maka kata Yesus kepada mereka: "Tebarkanlah jalamu di sebelah kanan perahu, maka akan kamu peroleh." Lalu mereka menebarkannya dan mereka tidak dapat menariknya lagi karena banyaknya ikan.  

Saya tdk tau posisi keuangan, ekonomi saudara tapi yg saya tau wkt kita mengalami kekurangan bahkan tdk ada sama sekali lauk pauk, Tuhan juga hadir disana. Dia kasih apa yg tdk pernah kita pikirkan. 

Kesimpulan: musim apa yang sedang kita alami hari ini? Tapi izinkan saya ingatkan kepada kita semua bahwa setiap musim yang kita lalui, Tuhan pasti hadir disana.


Tuhan Yesus memberkati 🙏

Post a Comment

0 Comments